Sunday, February 9, 2014

[City Exploring] Pindahan ke Salemba



Kali ini, aku mau cerita soal pengalamanku yang jadi anak kosan lagi. Yup. Lagi. Setelah lulus kuliah 2012 lalu, aku ngga langsung dapet kerjaan. Aku jadi tunawisma, alias pengangguran, alias jobless di rumah selama setahun. Yup, setahun. Siapa bilang lulusan sarjana selalu bisa dapet kerjaan? Yah, mungkin karena akunya yang kurang usaha aja kali yaaaa... *ngeles*

Anyway, pas setahun lebih sebulan, aku daftar kuliah S2 di kampus yang sama. Iseng aja sih, karena nyokap pengen liat anaknya S2. Yowis, diturutin sajah. Dan bokap pengen aku jadi pekerja. Yowis, turuti saja. Aku pun mengajukan CV ke beberapa perusahaan di Jakarta. Dan kecantol lah satu perusahaan asing, yang kerjaannya sangat aku banget; ngutak-atik komputer alias IT. Di sisi lain, ujian masuk kuliah juga lulus. 

Sekalinya dapet, malah dapet dua-duanya... (-_-")
Walhasil, siang kerja, malem kuliah.

Karena malam harus kuliah ini lah, bokap kuatir dan akhirnya memutuskan biar aku kos aja. Kita cari lah kosan di daerah Salemba. Gila harganyoooo!! Yang paling murah aja tiga kali lipat daripada waktu ngekos di Depok! (*o*)

Tapi masih terjangkau sama gaji sih. Lanjut, aku pun akhirnya mutusin kos di tempat itu. Yay.


Stage 1: Packing.
- Paling males kalau disuruh packing buat pindahan. Buatku, apaan sih. Toh nanti itu kosan cuma jadi tempat numpang tidur sama numpang mandi doang! Jadi aku packing lah sekenanya. Beberapa pasang setelan kerja (kemeja plus bawahannya), underwear, baju-baju buat yang di rumah, baju buat tidur, peralatan mandi, make up (iye iye emang sayah pake makeup tapi yang simple). Udah itu ajah. Beres. Dan thanks God, aku punya keril. Keril (atau kerennya, Carrier) yang aku beli buat naik gunung Januari kemarin (kapan-kapan aku posting deh) ternyata sangat berguna. Sleeping bag ngga lupa untuk dibawa juga, karena aku males pasang sprei di kasur kosan sana. Matras juga sip buat guling-gulingan di lantai kalau galau. #eaaaa

- Stage 2: Waktunya cau.
Aku bawa dua tas ke kantor. Yang satunya keril 55 liter. Yang satunya daypack yang biasa aku pakai buat kuliah. Di busway dari Bekasi-Pancoran orang-orang pada ngeliatin. Yaelah, ngga pernah liat cewe bawa keril gede apa! Pas nyampe kantor pun, temen-temen ngecengin.

'Lo mau naik gunung lagi, Ces?'
'Bukan. Pindahan. Ngekos lagi.'
'Lagu lo.'
'Serius. Di Salemba.'

Mungkin mereka heran kalau liat ada orang pindahan cuma bawa satu keril doang. Pas pulang pun, sempet-sempetnya ditanyain sama si temen kantor yang bule. 

'Pisces! Where are you going?!'
'Moving out. I rent a room.'
'Oh! Where do you live now?'
'Central Jakarta.'
'So, you're closer now to the office?'
'Not really actually...'
'...'

Emang jadi lebih deket sih, tapi dikit. Aku cari kosan di Salemba, yang deket kampus, bukan di Pancoran. Jarak tempuh sih 1,5 jam lah pake busway. Sama aja sih kalo dari Bekasi berangkat pagi-pagi. Bodo lah. Lanjut!

- Stage 3: Beberes di kosan
Hap. Hap. Sleeping Bag gelar di atas kasur. Baju keluarin semua dan masukin ke lemari. Ketemu sama yang jagain kosan. Namanya Bu Ika. Ngobrol-ngobrol, dan ujung-ujungnya akhirnya ngegosip.

'Itu tadi pagi ada pindahan dari keluarga Batak kesini, bawa kulkas, TV, lemari... padahal kan disini udah ada lemari kan yah. Tapi itu anak tetep gotong-gotong lemari... terus ibunya...'

Tar, tar! Perasaan aku baru dateng. Ganti baju aja belom. Tapi udah diajakin ngegosip! Ini nih yang aku bingung dari orang-orang. Tiap kenalan sama orang baru, ngga lama dalam hitungan beberapa jam pasti topik obrolan jadi ngegosipin orang lain. Emangnya aku punya tampang ratu gosip apa. -_-
- Stage 4: Berangkat kerja dari Salemba
Salemba rasa Bekasi. Busway rasa Bis Patas. Percuma naik busway kalau masih kena macet. Yah tau lah kalau di jalur busway itu suka ada mobil-mobil pribadi yang nyelonong masuk gitu aja. Hadeehhh!

Jujur, aku sebenernya agak ga suka sama mobil pribadi terutama yang kalau isinya itu cuma seorang. Cuma bisa menuh-menuhin jalan, bikin macet, nebar polusi! Tapi ironisnya, sekarang aku kerja di perusahaan otomotif! Hadeeehhh!! (-_-) *ngais ngais tanah*

- Stage 5: Weekend! Time to explore!
Sabtu telah tiba! Yesh yesh! Sore-sore malem mingguan ngga ada yang ngapelin kerjaan, jalan lah aku sendirian buat mengeksplore Salemba. Jujur, aku emang belum pernah ke Jakarta area ini kalau bukan karena keterima kuliah di sini. Mandi, siap-siap, berangkat. Ketemu lah dengan Waroenk Kito yang ngejual makanan seafood, dan pilihan jatuh pada Nasi Kerang Ijo Saus Padang! Yeashhh!

Kalau lagi makan seafood gini, jadi inget waktu ngebolang sendirian ke Pantai Losari, Makassar 2012 lalu. Ke warung seafood dan pesan kepiting bakar. Berusaha ngupas kepiting langsung dari cangkangnya sampai berdarah-darah. Sakit dan perih sih, tapi disitu seninya makan seafood! Ada rasa surprise kecil tersendiri yang begitu ngupas cangkang yang sebelah sana, eh masih ada dagingnya! Pas kupas di sebelah sini, eh nemu daging lagi! Dan rasanya itu ajiiibbb!!

Abis makan, cari ATM BRI. ATM itu kebanyakan di jalan-jalan biasanya ya BCA, BNI. BRI itu lumayan jarang. Akhirnya nemu papan tanda ada ATM BRI di RS MH Thamrin, yang ternyata berlokasi di lantai atas. Kalau diliat-liat, ya lumayan jauh juga berarti kalau dari kosan si mesin ATM ini.

Setelahnya, nekat ke Gramedia Matraman dengan jalan kaki dari Salemba UI. Pede aja gitu ngerasa kuat, tapi baru nyampe halte busway Matraman, udah keok. Akhirnya mutusin buat naik busway, yang padahal tinggal satu halte lagi tuh sampai di Gramednya. Sempet posting status di Path, dan ada temen yang nanya. 

'Kemaren naik ke Sindoro kuat, masa ke Gramedia Matraman dari Salemba aja udah keok?'
'Gue juga bingung, efek belom makan dari pagi mungkin, hahah'

Padahal, udah makan sepiring penuh sebelumnya...

- Stage 6: Foya-foya
Ga foya-foya beneran juga sih sebenernya. Tapi intinya, menikmati uang gaji yang baru turun. Emang dasar ya, kalau hobi baca novel, toko buku adalah surga. Gilaaaaa banyak novel-novel kereennn! Pengen banget langsung samber Inferno-nya Dan Brown sama Cuckoo's Calling-nya Robert Galbraith (aka JK. Rowling). 

Tapi ngga ada budgeetttttt!! KENAPA TADI CUMA NARIK 200K DARI ATM!! DAMM!! T.T
*nangis guling-guling*

Memisuh dan menjauh perlahan dari rak-rak yang memajang dua novel ajib itu, sambil mengingat-ingat novel apa aja yang ditandain sebagai 'wishlist shelf' di akun Goodreads-ku. Dan....

OH LA LA!! NEMU NOVEL INI!!
The Ocean at The End of The Lane. Novel fantasi oleh Neil Gaiman. Di Goodreads, novel ini jadi juaranya kategori fiksi-fantasi menurut para warga pembaca se-Goodreads lho! Se-GOODREADS! YEAH! *samber!*

Berikutnya nemu novel-novel lain yang ngga kalah cihuy. Gila, aku kalap. Udah ngantongin novel ketiga! Salah emang ke toko buku cuma bawa 200 ribu. Salah besaarrrr~!

Anyway, ini dia hasil BookHunt kemarin. ^^


Intinya City Exploring kali ini sekalian Hunting Buku yah! Hahaha! Nanti kesemua buku ini bakalan aku review di blog bukuku di sini. Oke, sampai ketemu di perjalanan berikutnya! ^^

PS: Btw pas pulang, nyempetin diri buat belanja roti di Indomaret depan gang kosan. Dan tau apa? Ada ATM BRI di situ! Ealah! Lah tadi ngapain jauh-jauh sampai ke lantai dua RS Thamrin segala!

No comments:

Post a Comment

Hai, hai, silahkan komennya ya! Yang mau aku blogwalking balik, silahkan tinggalkan link blognya. Thanks! ^^